Membuat Resolusi Tahun 2014

Resolusi 2014Bukan sok idealis atau gimana, tapi saya termasuk orang yang nggak suka merayakan pergantian tahun dengan berpesta, tiup terompet apalagi begadang sampai pagi. Aneh aja sih, kita berharap tahun depan lebih baik, tapi hari pertamanya malah dimulai dengan tidur dari pagi sampai siang membayar hutang tidur semalam.

Biasanya saya mengisi pergantian tahun dengan melihat-lihat catatan pecapaian apa yang sudah pernah saya lakukan setahun belakangan. Sekalian menuliskan rencana-rencana yang akan dilakukan selama tahun depan. Entah itu event apa yang akan dibuat, produk apa yang akan dijual dan rencana-rencana indah lainnya.

Tapi memang tahun lalu, saya tidak begitu spesifik menuliskan sehingga saat akan mengevaluasi sekarang, nggak terlalu kelihatan mana yang dicapai dan mana yang belum dicapai. Nah, kali ini saya akan membuat resolusi tahun 2014 dengan lebih jelas, lebih spesifik dan lebih bisa diukur. Makanya, resolusi 2014 saya susun jauh-jauh hari dari sekarang.

Sebenarnya, apa sih guna kita membuat rencana tertulis tahun depan dengan spesifik? Hmmm, sederhananya gini; Misalnya kita akan membuat sebuah acara/, apakah kita membuat rencana tertulis atau hanya membayang-bayangkan saja apa yang akan kita lakukan nantinya?

Dengan menuliskan, setidaknya kita punya gambaran jelas mengenai apa yang akan kita raih, sepesifiknya seperti apa, kapan rencana diraihnya dan yang paling penting; apa yang akan kita lakukan untuk meraihnya. Ini juga membantu meringankan kerja otak, biarkan otak melakukan fungsi analisa, sehingga kerja otak bukan lagi dominan untuk mengingat-ingat segala sesuatu.

Semoga tahun 2014 nanti, sebagian besar rencana dan resolusi saya dapat diwujudkan, syukur-syukur melampaui yang diharapkan. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah membuat resolusi 2014 ?

:)

Comments

comments

Comments are closed.