Ngalau Indah Payakumbuh, Pesona Mistis Goa Batu Kapur

Bau lembab dingin bercampur aroma kotoran kelelawar dari Goa Stalaktit dan Stalagmit ini sontak tercium menusuk hidung begitu kami menginjakkan kaki di pintu masuk Ngalau Indah Payakumbuh, Sumatera Barat ini. Istri saya langsung mengurungkan niatnya untuk masuk dan memutuskan menunggu di luar. Diam bergeming meskipun berkali-kali saya yakinkan bahwa tempat ini aman untuk dimasuki.

ngalau indah payakumbuh

Tangga Menuju Pintu Goa

 

ngalau indah payakumbuh

Bau Kotoran Kelelawar Tercium Dari Mulut Goa

Akhirnya saya menyerah dan masuk bertiga saja ke dalam dengan anak-anak. Jujur, saya sebenarnya juga agak deg-degan karena saat itu sama sekali tidak ada orang selain kami bertiga yang masuk ke dalam. Apalagi cahaya matahari yang terik di luar membuat mata lama beradaptasi dengan kegelapan di dalam goa.

ngalau indah payakumbuh

Gelap, lembab dan Mistis

Beruntung akhirnya seorang anak laki-laki sekitaran kelas satu SMP dengan kamera DSLR menggantung di lehernya datang menghampiri dan menawarkan jasa foto instan. “Lima belas ribu saja, Bang satu foto” ujarnya berpromosi. Saya tidak menawar, tapi sebagai gantinya saya minta dia untuk menemani kami ke dalam. Dia setuju.

Masuklah kami ke dalam berempat dan anak itu mulai menjelaskan satu persatu nama batu-batu di dalam. Saya lupa namanya dan tidak sempat mencatat juga tapi kalau tidak salah ingat ada Batu Lonceng, Batu Menangis, Batu Kelambu dan lain-lain 😀

ngalau indah payakumbuh

Tumben Si Kecil Mau Masuk, Biasanya Ogah

Didalam, meskipun sudah dipasang lampu penerangan, namun masih lumayan gelap (yaiyalah, namanya juga goa). Cicitan kelelawar menambah suramnya suasana. Saya jadi membayangkan bagaimana perasaan Bruce Wayne hidup dikelilingi kelelawar. :’)

ngalau indah payakumbuh

Diantara Stalaktit dan Stalagmit

Batu-batu kapur stalagmit yang tumbuh dari bawah ke atas (bukan ke samping) dan stalagmit yang menggantung dari atas ke bawah, membuat aneka bentuk, seperti kelambu, seperti wajah manusia, seperti lonceng dan lain-lain.

ngalau indah payakumbuh

Ada Yang Ikut Kefoto Ngga? 😀

ngalau indah payakumbuh

Toko-toko Souvenir

Sebenarnya ketakutan istri saya cukup beralasan sih. Konon kabarnya Goa ini bukan hanya sekedar terlihat seram, namun beberapa orang yang pernah datang kesini mengaku melihat “penampakan”. Entahlah, saya sendiri tidak bisa memastikan kebenaran cerita itu, mungkin hanya mitos atau bumbu penyedap agar makin banyak orang yang penasaran dan datang kesini.

ngalau indah payakumbuh

Yey! Akhirnya pulang

Lokasi Ngalau Indah Payakumbuh, berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Payakumbuh dan sekitar 30 kilometer dari kota Bukittinggi. Di dekat Ngalau Indah Payakumbuh ini juga ada lokasi tempat makan enak, yaitu Belut Goreng Balado yang bisa Anda baca (klik) diSINI.

 

Comments

comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *