Tempat Makan Enak di Payakumbuh, Gulai Babat Hingga Baluik Balado

Mencari Tempat Makan Enak di Payakumbuh sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang karena Payakumbuh termasuk kota kecil sehingga bisa dieksplor dalam waktu cukup singkat. Susah karena tempat makan yang saya tahu enak, beberapa letaknya sedikit tersembunyi.

Pada postingan kali ini saya akan review tiga tempat makan enak di Payakumbuh yang sering saya datangi yaitu Kedai Nasi Nanak, Rumah Makan Pergaulan dan Rumah Makan Baluik Mamak.

1. Kedai Nasi Nanak Payakumbuh

Kedai nasi ini terletak di Jalan Gambir, Pasar Payakumbuh. Tanyakan saja kepada salah satu pedagang di pasar, biasanya pasti mereka tahu tempat ini dan menunjukkan lokasinya pada Anda. Kedai Nasi Nanak ini sudah ramai bahkan sejak pukul delapan pagi dan habis setelah pukul 2 siang. Kalau Anda tidak terbiasa makan berat pagi hari, waktu yang ideal untuk datang kesini sekitar jam 11. Karena lewat jam segitu, biasanya pilihan lauknya sudah tidak banyak lagi.

tempat-makan-enak-di-payakumbuh-5

Selalu serame ini

Menu andalan di Kedai Nasi ini (menurut saya) adalah gulai babat, gulai hati, dendeng paru dan gulai usus. Bumbu khas padang yang pedas dan gurih lengsung terasa pada suapan pertama. Kerupuknya jadi tambahan wajib dengan rasa ikan yang khas.

tempat-makan-enak-di-payakumbuh-3

Gulai Babat

 

tempat-makan-enak-di-payakumbuh-4

Jangan Lupakan Kerupuknya

 

tempat-makan-enak-di-payakumbuh-6

Tambuah Ciek, ni!

 

2. Rumah Makan Pergaulan Payakumbuh

Jangan bayangkan ini tempat nongkrongnya anak-anak gaul kota Payakumbuh. Sebaliknya rumah makan pergaulan ini adalah rumah makan padang yang diisi keluarga atau penumpang bus rombongan. Ya, terletak di jalan Soekarno Hatta Payakumbuh yang notabene adalah jalan lintas Riau – Sumatera Barat menjadikan Rumah Makan ini gampang disinggahi.

tempat makan enak di payakumbuh

Rumah Makan Pergaulan

Menu andalan dari Rumah Makan ini adalah Dendeng Batokok dan Ayam Batokok. Namun jangan khawatir, banyak pilihan menu lain yang tersedia. Kalau saya paling suka dengan menu gulai otaknya.

tempat makan enak di payakumbuh

Teh Telornya Juara

Jangan lupakan memesan segelas teh telor, minuman yang terbuat dari kuning telor yang dikocok hingga mengembang dan disiram dengan teh mendidih ini adalah minuman yang lazim ditemui di kedai makan di Sumatera Barat. Tapi disini teh telornya punya cita rasa yang khas dan berbeda dengan teh telor yang biasa saya cicipi.

3. Rumah Makan Baluik Mamak Payakumbuh

Kalau Anda tidak suka dipusingkan dengan pilihan menu makanan yang begitu banyak dan kebetulan juga Anda penyuka belut, maka tempat makan yang satu ini wajib didatangi. Rumah Makan Baluik Mamak Payakumbuh. Disini hanya ada dua pilihan; Baluik Goreng Lado Merah atau Baluik Goreng Lado Hijau.

tempat-makan-enak-di-payakumbuh

Merah atau Hijau? Bikin Galau!

Menikmati Baluik Goreng Balado dengan nasi panas ditemani dengan rebusan daun singkong (pucuak ubi) sukses membuat keringat bercucuran.

Lokasi Rumah Makan Baluik Mamak ini terletak di seberang ngalau indah, jalan menuju Situjuah. Sebelum jembatan ada gang kecil belok ke kanan. Nah, disanalah lokasi Rumah Makan Baluik Mamak berada. Kalau masih bingung, jangan sungkan bertanya kepada penduduk sekitar.

tempat-makan-enak-di-payakumbuh

Tanpa cabe juga bisa, untuk anak-anak

Demikianlah tiga Tempat Makan Enak di Payakumbuh yang perlu Anda coba. Kalau Ada tempat Makan Enak di Payakumbuh lainnya yang menurut Anda perlu ditambahkan, silakan berikan masukan di kolom komentar ya 🙂

Comments

comments

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *